Senin, 30 Juli 2012

Perbedaan Tablet PC dengan Notebook





Sebelumnya kita sudah membahasperbedaan antara Laptoop,Notebook dan Netbook. Dan kali ini ada satu bentuk lain dari jelmaan computer yaitu Tablet PC (bukan sejenis obat-obatan lho….)
Sama seperti notebook, Tablet PC juga merupakan komputer portable. Jika dibandingkan dengan notebook, Tablet PC ukurannya jauh lebih kecil, hampir sama dengan ukuran netbook. Namun, ciri utama Tablet PC yang paling membedakannya adalah: Tablet PC menggunakan teknologi layar sentuh (touchscreen) dengan kemampuan writing cognition, yaitu kemampuan menulis langsung pada layar, menggunakan sebuah alat khusus berbentuk pulpen bernama, stylus. Walaupun sudah memiliki keyboard didalam layar (keyboard touchscreen), Tablet PC juga bisa menggunakan keyboard biasa dan mouse usb.

Istilah TABLET bagi perangkat komputer berlayar sentuh memang bukan hal yang baru. Beberapa tahun yang lalu, beberapa vendor komputer berbasis Microsoft Windows melepas perankat seperti ini dan disebut Tablet PC. Istilah ini tiba-tiba kembali menguat berkat 'kelahiran' Apple Ipad dan pesaing vendor takmau kalah dengan melepas Tablet-tablet baru mereka seakan-akan meyakinkan pada kita bahwa Tablet bisa menjadi perangkat serba bisa, meskipun tanpa dukungan OS Windows.
Tablet bisa berjalan dengan iOS-nya Apple, OS Blackberry, bahkan dengan si pendatang baru Android.
Vendor lainpun mulai belomba. Mulai Apple, Samsung, RIM hingga vendor-vendor Cina dan local. Kebanyakan vendor yang kini memproduksi Tablet adalah vendor-vendor HP yang sudah kita kenal. Masuk akal, mengingat teknologi yang ada di Tablet-tablet terkini bisa dibilang merupakan pengembangan dari sebuah HP Pintar. Bisa jadi karena OS yang menjalankannya.


KELEBIHAN TABLET PC
Kelebihan utama dari tablet PC adalah :

Dilengkapi WiFi, dan ada yang sudah memmasang 3G HSDPA, untuk mengakses data maupun melakukan kegiata klasik handphone seperti Nelpon dan Sms
Ukuran Sangat Portebel. Jika dibandingkan dengan Notebook, Tablet dipercaya lebih ringkas karena ukurannya yang kecil, namun dengan demikian tetap dilengkapi fitur khas sebuah Komputer dan HP sekaligus.
Memiliki e-book reader yang mumpuni. Layar lebar, ukuran Portable dan bisa dibawa kemana-mana mampu menyulap perangkat ini menjadi buku digital.
Perangkat Gaming 3D portable dengan nilai plus. OS yang dibawa masing-masing tablet rupanya sudah memungkinkan untuk permainan bergrafis 3D. tanpa tombol kontroler fisik, layar sentuh tetap dapat memunculkan kontroler visual yang menyediakan kenyamanan setara. Layar lebih besar dari layar Sony PSP dan NDS XL sekalipun. Plus kontrol yang interaktif dengan moda sentuhan.


KEKURANGAN TABLET PC
Apasaja kekurangan Tablet PC?

Teks Input hanya berupa virtual keyboard dilayar sentuh.
Kartu Gafis terbatas. Kita memang bisa memainkan Game di sebuah mobile Tablet juga mengutak-atik hasil foto, tapi semua hal itu sangat dibatasi. Dukungan kartu grafis yang tidak se-peworful milik PC atau laptop menjadi alasan utama.
Ukuran. Selain menjadi kelebihan, ukuran Tablet juga bisa menjadi titik lemah. Meskipun sudah dilengkapi dengan teknologi jaringan selular dan fitur-fitur HP, Tablet tidak bisa serta merta menjadi pengganti HP. Terbayangkah membawa perangkat berlayar 9 inchi atau 7 inchi kedalam saku celana dan kemeja?
Suplai Daya. Menjadi keharusan bagi sebuah Tablet untuk menyediakan perangkat penyuplai daya yang munpuni. Karena menjadi portable, maka baterai adalah salah satu tumpuan terakhir. Tablet akan cenderung hidup selalu baik dibutuhkan atau tidak. Tidak seperti Laptop yang akan kita matikan ketika tidak sedang digunakan. Waktu standby akam menyedot daya yang tidak sedikit.
Dukungan Software dan Kompatibilitas. Tidak ada standar yang jelas mengenai kompatibilitas dan dukungan Software para Tablet. Hal ini karena penggunaan OS yang tidak seragam dan juga kemungkinan sebuah vendor untuk memasukkan unsur-unsur 'tardisi'-nya ke dalam Tablet.
Ruang Penyimpanan Terbatas. Kalaupun ada slot tambahan hanya untuk kartu memory MicroSD yang besarnya maksimum di angka 32GB saja. Lalu bagaimana dengan Tablet yang tidak memiliki slot?PERBEDAAN TABLET DENGAN NOTEBOOK/LAPTOP…?

Apakah Tablet mobile bisa menggantikan peran Notebook/Laptop?
Dari uraian diatas, sepertinya masih belum bisa. Terkait dengan dukungan hardware yang memang terbatas didalam sebuah perangkat Tablet, dan kompatibilitas sejumlah fitur yang ada didalamnya.
Namun dengan Tablet mobile tidak lagi membutuhkan modem internet terpisah seperti yang dibutuhkan disebuah Laptop, dan pastinya tidak butuh ruang yang besar untuk membawanya kemana-mana Plus tidak seberat Laptop.
Banyak orang mengatakan, kalau Tablet PC lebih cocok digunakan untuk membaca buku dan majalah digital, nonton, main game, browsing internet, presentasi, jejaring sosial, serta memeriksa dan mengirim email, atau lebih keren lagi dibilang HP gede yang canggih ……!!!!!
sumber

1 komentar:

Obat Keputihan Herbal mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Translate